Tuesday, January 22, 2013

My Story #7

CHEM III - BHL II


Assalammu'alaikum wr. wb. Bismillah :)

CHEM III dan BHL II merupakan mata studi yang kami ambil (sebagai mahasiswa tahun kedua) setelah DMS. CHEM III merupakan singkatan dari Community Health and Environmental Medicine (part III). BHL sendiri merupakan blok Bioethics and Health Law. There's not much to tell, Guys. Alhamdulillah di kedua blok ini berjalan cukup lancar. Beberapa masalah yang perlu diperhatikan agar kita koreksi bersama antara lain "KOMUNIKASI". Terlihat sederhana memang, tapi rupanya hal ini bisa menghambat seluruh kerja keras kita. Komunikasi ini bukan hanya dengan dosen lho (walaupun memang hal itu yang paling bisa menjadi potential harm kalau diabaikan), tapi juga komunikasi dengan teman sejawat kita. Apalagi dengan diri kita sendiri. Terkadang missed communication bisa membuat sebuah drama baru di kehidupan kita yang sebenarnya tidak perlu ada. Tentu saya tidak bisa menceritakannya dengan gamblang disini, yang jelas kalau ada masalah segera selesaikan dengan baik agar tidak berlarut-larut, tentunya dengan pilihan kata yang tepat dan proper.

CHEM III merupakan blok yang cukup seru. Kami semua diperintahkan untuk terjun ke lapangan, mendatangi puskesmas yang terletak di pinggiran kota, melihat kasus-kasus potensial, dan melakukan pencarian data untuk melihat berbagai faktor risiko yang dimiliki masyarakat sekitar, untuk kemudian dipresentasikan. Rasanya cukup seru mengingat perjumpaan dengan masyarakat dalam koridor kurikulum hanya terjadi setiap semester sekali dalam praktik lapangan di blok CHEM.

Blok selanjutnya yaitu BHL II memiliki penekanan akan pentingnya menyampaikan diagnosis penyakit dan menyampaikan informasi terkait penyakit tersebut hingga tindakan yang harus dipilih pasien. Pretty tricky, I think. Nah ini juga salah satu skill yang menuntut kemampuan komunikasi. Tidak jarang teman kami (termasuk saya) yang tidak bisa meyakinkan pasien untuk memilih tindakan dan akhirnya berujung pada kegalauan pasien (which is shouldn't be happening). Tapi yang paling seru dari blok ini adalah tugas "Art Project" dimana mahasiswa dibagi menjadi 5-6 orang per kelompoknya untuk membentuk karya seni (2D, 3D, maupun video) tentang HIV/AIDS. Karya teman-teman sungguh luar biasa, bagus sekali. Saya sendiri bersama sahabat-sahabat seperti Ageng, Edy, Rara, Ozy, dan Irma membuat karya 3D berjudul "The Diorama". At the end of the day, we finally revealed bahwa DIORAMA merupakan singkatan dari eDI, Ozy, Rara, Ageng, irMa, bAgas, hahaha.  Idenya berawal dari keinginan untuk menyajikan sebuah karya yang lucu tapi mengandung makna tersirat, hingga lahirlah karya ini.

(picture will be inserted later)

Apa lagi ya yang kepengen diceritakan? hihi tunggu deh nanti postingan saya selanjutnya tentang beasiswa DataPrint, Harry Potter, dan Hogwarts :))

Wallahu a'lam
Wassalammu'alaikum wr. wb.

No comments:

Post a Comment